16 Februari 2008

Ibu yang AJAIB di Mataku


“ Bu, sarung tiang mana ya?”

“ Itu kan di kamar mandi. Tadi epe yang bawa ke sana.”

Olala...benar, sarungku tersampir di tembok kamar mandi.

Inaq, mana uang yang dikasih ama Papuq Lauq?”

“ Coba lihat di atas meja di kamar ibu.”

Horeee...duitku masih ada. Untung nggak diambil ibu. Hehehe...

Inaq, gitaq de keh potlot tiang?

Leq atas lemori julun tipi. Wah inaq meriri iye beruq.

Yesss!!! Pensil yang aku cari-cari dari tadi, ternyata ditaruh ibuku di atas lemari.

“ Bu, raport saya harus dikumpulkan hari ini. Di mana tempatnya? Di meja belajar saya kok nggak ada?”

“ Ini, ibu sengaja taruh di dalam lemari. Biar aman.”

Itulah ibu. Sosok serbatahu. Bagi seorang Fatah kecil, dia begitu ajaib. Apa yang aku cari, dia tahu tempatnya. Posisi barang-barang kepunyaanku, beliau tahu pasti keberadaannya.

Beliau bukanlah robot canggih peng-inventaris mainanku. Beliau bukanlah robot pengingat yang mendeteksi dengan tepat posisi alat-alat pelajaranku. Beliau bukanlah doraemon yang selalu punya seribu cara untuk memecah kebuntuan dan masalah yang tengah aku hadapi. Beliau adalah sosok ‘serbatahu’ di mataku. Seorang Fatah kecil memanggilnya: ibu, inaq.

Aku tak mungkir, setelah dewasa, aku pun berpikir. “Ibu kok bisa serbatahu gitu ya?”

Seorang ibu memang hebat. Dia tahu jawaban apa yang paling layak diberikan kepada anaknya. Dia tahu A, B, C, dan seterusnya. Aku bangga dengan ibuku.

0 comments: